Jumat, 02 November 2012

Mengenal Suku Mentawai dari keseniannya



KESENIAN SUKU MENTAWAI



Kesenian dalam suku Mentawai adalah



·      Tatto
Fungsi tatto dalam suku mentawai adalah :
1.    Jati diri, status sosial dan profesi
Seorang pemburu memiliki tantto bergambarkan hewan buruan seperti babi, rusa, kera, burung, buaya. Sedangkan seorang dukun memiliki tantto yang bergambarkan binatang sibalu-balu dan lain-lain.
2.    Simbol keseimbangan alam
Orang suku mentawai sangat menghormati alam karena mereka hidup tergantung kepada alam. Hal ini dideskripsikan dengan bentuk tatto yang bergambarkan pohon, matahari, hewan, batu dan sebagainya.
3.    Keindahan
Suku mentawai merupakan masyarakat yang memiliki sitra seni tinggi maka tidak heran bila mereka menjadikan tatto sebagai media untuk mengekspresikan keindahan. Berbagai macam gambar menghiasi tubuh mereka sesuai kreativitas seperti pedang, daun, dan sebagainya.
4.    Pakaian abadi
Mereka mentatto hingga sekujur tubuh mereka konon agar kelak setelah meninggal mereka saling mengenali leluhur mereka.

Proses pembuatan tato dilakukan dengan alat yang tradisional. Motif tatto merupakan simbol khusus atau identitas budaya. Tubuh yang akan ditatto terlebih dahulu digambar motif dengan menggunakan lidi. Motif garis – garis yang merupakan motif khas tato mentawai tidak boleh sembarang dotorehkan melainkan mengikuti rumusan jarak tertentu. 
Motif yang sudah selesai digambar kemudian ditusuk dengan jarum bertangkai kayu. Jarumnya biasa terbuat dari tulang hewan atau kayu yang diruncingkan. Jarum kemudian dipukul pelan dengan kayu agar zat pewarna masuk ke lapisan kulit. Zat pewarna tato terbuat dari tebu dan arang tempurung kelapa.
Pembuatan tato dimulai dari telapak tangan, tangan, kaki lalu tubuh.
Tato suku Mentawai disebut titi, sedangkan yang membuat tato disebut sipatiti atau sipaniti. Biasanya sipatiti diberikan seekor babi atau ayaam sebagai balas jasa atas apa yang mereka kerjakan.
Sebelum melakukan pembuatan tato harus dilakukan upacara dan pantangan (punen) yang dipimpin oleh sikerei. Tuan rumah harus menyembelih babi atau ayam.
. Tato mentawai adalah seni rajah tubuh tertua di dunia. Dimana orang suku mentawai telah mentato tubuh mereka sejak kedatangan suku mentawai ke pantai barat sumatera pada zaman Logam (1500 SM- 500 SM)
Anak laki-laki yang sudak berumur 11-12 tahun harus sudah ditato.

·           Tarian
Tarian suku mentawai cukup menarik perhatian masyarakat karena busana penari yang sederhana yang hanya ditutupi daun-daunan dan juga tubuh penari yang di penuhi dengan tato.
Salah satu contoh tarian suku mentawai adalah Tarian Turuk Langgai.
Tarian Turuk Langgai menceritakan tingkah laku hewan sehingga judul tariannya seperti nama hewan. Misalnya tari burung, tari monyet, tari ayam dan sebagainya.
Tarian suku mentawai diiringi oleh suara gendang dan gong.
Menurut mereka tarian adalah perlambang gerak alam sekitar. Irama yang menghentak dan Gerakan tariannya dinamis.
Tarian biasa dilakukan untuk acara atau upacara adat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar